Friday, 1 June 2018

Kartu Angka Keberuntungan Solusi Ulangan Menyenangkan


Seperti biasa teman, saya akan kembali berbagi praktik cerdas pengajaran yang saya peroleh dari mudik #4 KGB Pemalang, strategi ini saya dapat dari Guru Wahyu Hidayat saat mudik lalu. Beliau membuat strategi ini untuk menarik perhatikan siswa di awal pelajaran agar siswa lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pelajaran yang beliau ampu yakni matematika. Tetapi saat beliau share strategi ini saya langsung berpikir “Wah, keren nih kalau saya gunakan di kelas untuk mapel yang saya ampu”. Akhirnya setelah memutar otak bagaimana teknik pengunaanya dan muncul ide berikut ini.
Saya buat dua kartu buat anak-anak. Kartu pertama berupa kartu pertanyaan tapi di belakang kartu itu juga disertai jawaban. Yang kedua saya beri nama (kartu) Angka Keberuntungan yang berisi angka-angka perkalian bilangan 1-6, karena saya pakai dua dadu, di balik kartu angka itu ada kata-kata apresiasi buat anak-anak. Ada beberapa alasan kenapa saya beri jawaban di kartu pertama dan apresiasi di kartu kedua, karena memang tujuan utama dari proses ini adalah kemandirian belajar dan kejujuran. Kata apresiasi adalah motivasi buat anak-anak yang sudah menjawab dengan benar.
Cara mainnya sediakan dua dadu dan beberapa kartu yang terdiri dari bilangan hasil kali bilangan-bilangan 1 – 6, yaitu : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10, 12, 15, 16, 20, 24, 25, 30, 36. Setiap anak dibagikan kartu angka keberuntungan (misal 5 kartu) mereka taruh kartu angkanya di depan mereka tanpa ditutup, terus untuk kartu pertanyaan ditaruh di tengah mereka. Saat dadu dilempar dan keluar angka sesuai dengan nomor angka yang ada di kartu mereka, maka mereka diberikan kesempatan untuk mengambil kartu soal yang wajib dijawab. Kalau jawaban benar maka mereka baru boleh membuka kartu mereka sebagai tanda bahwa mereka bisa menjawab dan dibalik itu akan muncul kata-kara apresiasi, tetapi jika belum bisa menjawab maka tidak diperkenankan dibalik kartu tersebut. Tiap kelompok ada yang bagian rekap jawaban dari teman-teman, pertanyaan mana saja yang bisa dijawab, dari data ini kita juga bisa lakukan analisis kelemahan anak-anak dalam penguasaan materi.
Anak-anak akan saling mengoreksi jawaban dari temannya, apakah sesuai dengan kunci jawaban atau tidak. Mereka juga terlibat dalam proses penilain. Saat itu posisi saya cuma nonton mereka main, dan sesekali ikut memainkan dadu. Heheheee...

Semoga bermanfaat ya teman, jangan lupa like dan share ke teman-teman guru yang lain ya.
temanbelajarmoe Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

1 comment: