Strategi Pembelajaran
Game Estafet Mencari Makna Kata
Hari ini saya share proses pembelajaran di kalas yang pernah saya
lakukan teman. Kali ini yang akan saya bagikan materi mengenai makna kata-kata.
Pernahkan teman-teman jumpai materi ini? Biasanya kegiatan yang dilakukan saat
mater ini, murid-murid diminta untuk mencari kata-kata yang belum mereka
ketahui maknanya kemduain mereka diminta untuk mencari makna katanya. Kalau
menjumpai materi ini, strategi apa yang teman-teman gunakan? Bolehkan saya
curhat strategi yang saya gunakan? Heheheee....
Saat pertama saya menjumpai mater ini strategi yang saya gunakan kalau
ditidak diskusi ya paling meminta murid-murid untuk ambil kamus di perpustakaan
kemudian mereka mencari makna kata sendiri. Memang sih kegiatan berlangsung
tapi pengamatan yang saya lakukan tidak semua murid terlibat dalam proses
pembelajaran karena biasanya yang giat membuka kampus hanya satu atau dua murid
saja. Kemudian saya coba untuk mengubah strategi pembelajaran yang terinspirasi
dari guru Rizqy yakni dengan bermain game.
Saya duplikasi game itu dan saya beri nama Game Estafet Mencari Makna
Kata. Saat saya mau adopsi game ini ada saja kendalanya dari Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) yang ketersediannya belum memadai dan teknis untuk menghitung
penyekorannya. Hal itu tidak kemudian menjadikan saya pasrah dengan keadaan,
saya mencoba kontak beberapa teman guru yang punya KBBI dan akhirnya saya
dapatkan KBBI sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 6-7 kamus. Untuk penyekoran
juga saya akhirnya menetapkan jumlah kata yang mereka dapat akan dihitung 5
poin. Jadi saya berikan dua teks dan setiap teks untuk dicari kata-kata sulit
sebanyak 10. Total akan ada 20 kata kemudian dikalikan 5, jika terjawab semua
maka akan dapat skor 100.
Dalam proses pembelajaran yang saya lakukan dengan game estafet ini hasilnya
di luar ekspektasi. Hal ini dilatarbelangi strategi yang cocok khususnya buat
mereka yang suka seru-seruan jadi tampak antusias dalam kegiatan pembelajaran. Yang
biasanya belum terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dengan strategi ini
semuanya jadi terlibat aktif, karena memang strategi ini menutut semua anggota
kelompok aktif. Selain itu, semangat belajar mereka juga sangat tinggi dan
saling memotivasi anggota kelompoknya karena mereka berkolaborasi untuk
bersama-sama mencapai tujuan.
Adapun langkah-langkahnya dalam menggunakan strategi Game Estafet Mencari
Makna Kata sebagai berikut: (1) membagi siswa menjadi 4-5 kelompok (anggota tiap
kelompok bisa 5-6 siswa); (2) tiap anggot kelompok pastikan mendapat tugas
masing-masing misal, bagian yang mencari kata yang ingin diketahui atau bagian
yang mencari makna katanya;(3) guru memberikan dua teks bacaan, misal teks eksplanasi:
banjir dan gunung meletus; (4) Permainan ini dibagi menjadi 4 babak dengan
langkah sebagai berikut:
Babak 1 (5 menit) Anggota kelompok pertama yang maju bertugas mencari
kata-kata yang ingin mereka ketahui maknanya di dalam teks "Banjir". Babak
2 (5 menit) Anggota kelompok kedua yang maju bertugas mencari kata-kata yang
mereka ingin ketahui maknanya di dalam teks "Gunung Meletus". Babak 3
(10 menit) 2 siswa maju untuk mencari makna kata yang sudah dicari pada teks
"banjir". Babak 4 (10 menit) 2 siswa maju untuk mencari makna kata
yang sudah dicari pada teks "gunung meletus". 5. Hitung hasil
pekerjaan siswa kemudian berikan skor sesuai dengan jawab mereka, jawaban yang
paling banyak dan tepat berilah apresiasi.
Untuk teman-teman yang ingin menerapkan strategi ini silakan bisa
dikembangkan sediri dan disesuai dengan kebutuhan kelas teman-teman. Semoga
bermanfaat dan terima kasih. Untuk video proses pembelajaran bisa lihat di
sini: https://www.youtube.com/watch?v=gOx9bmRmtXU
No comments:
Post a Comment