Tuesday, 28 August 2018

Strategi Pembelajaran Game Estafet Mencari Makna Kata


Strategi Pembelajaran
Game Estafet Mencari Makna Kata

Hari ini saya share proses pembelajaran di kalas yang pernah saya lakukan teman. Kali ini yang akan saya bagikan materi mengenai makna kata-kata. Pernahkan teman-teman jumpai materi ini? Biasanya kegiatan yang dilakukan saat mater ini, murid-murid diminta untuk mencari kata-kata yang belum mereka ketahui maknanya kemduain mereka diminta untuk mencari makna katanya. Kalau menjumpai materi ini, strategi apa yang teman-teman gunakan? Bolehkan saya curhat strategi yang saya gunakan? Heheheee....
Saat pertama saya menjumpai mater ini strategi yang saya gunakan kalau ditidak diskusi ya paling meminta murid-murid untuk ambil kamus di perpustakaan kemudian mereka mencari makna kata sendiri. Memang sih kegiatan berlangsung tapi pengamatan yang saya lakukan tidak semua murid terlibat dalam proses pembelajaran karena biasanya yang giat membuka kampus hanya satu atau dua murid saja. Kemudian saya coba untuk mengubah strategi pembelajaran yang terinspirasi dari guru Rizqy yakni dengan bermain game.
Saya duplikasi game itu dan saya beri nama Game Estafet Mencari Makna Kata. Saat saya mau adopsi game ini ada saja kendalanya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang ketersediannya belum memadai dan teknis untuk menghitung penyekorannya. Hal itu tidak kemudian menjadikan saya pasrah dengan keadaan, saya mencoba kontak beberapa teman guru yang punya KBBI dan akhirnya saya dapatkan KBBI sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 6-7 kamus. Untuk penyekoran juga saya akhirnya menetapkan jumlah kata yang mereka dapat akan dihitung 5 poin. Jadi saya berikan dua teks dan setiap teks untuk dicari kata-kata sulit sebanyak 10. Total akan ada 20 kata kemudian dikalikan 5, jika terjawab semua maka akan dapat skor 100.
Dalam proses pembelajaran yang saya lakukan dengan game estafet ini hasilnya di luar ekspektasi. Hal ini dilatarbelangi strategi yang cocok khususnya buat mereka yang suka seru-seruan jadi tampak antusias dalam kegiatan pembelajaran. Yang biasanya belum terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dengan strategi ini semuanya jadi terlibat aktif, karena memang strategi ini menutut semua anggota kelompok aktif. Selain itu, semangat belajar mereka juga sangat tinggi dan saling memotivasi anggota kelompoknya karena mereka berkolaborasi untuk bersama-sama mencapai tujuan.
Adapun langkah-langkahnya dalam menggunakan strategi Game Estafet Mencari Makna Kata sebagai berikut: (1) membagi siswa menjadi 4-5 kelompok (anggota tiap kelompok bisa 5-6 siswa); (2) tiap anggot kelompok pastikan mendapat tugas masing-masing misal, bagian yang mencari kata yang ingin diketahui atau bagian yang mencari makna katanya;(3) guru memberikan dua teks bacaan, misal teks eksplanasi: banjir dan gunung meletus; (4) Permainan ini dibagi menjadi 4 babak dengan langkah sebagai berikut:
Babak 1 (5 menit) Anggota kelompok pertama yang maju bertugas mencari kata-kata yang ingin mereka ketahui maknanya di dalam teks "Banjir". Babak 2 (5 menit) Anggota kelompok kedua yang maju bertugas mencari kata-kata yang mereka ingin ketahui maknanya di dalam teks "Gunung Meletus". Babak 3 (10 menit) 2 siswa maju untuk mencari makna kata yang sudah dicari pada teks "banjir". Babak 4 (10 menit) 2 siswa maju untuk mencari makna kata yang sudah dicari pada teks "gunung meletus". 5. Hitung hasil pekerjaan siswa kemudian berikan skor sesuai dengan jawab mereka, jawaban yang paling banyak dan tepat berilah apresiasi.
          Untuk teman-teman yang ingin menerapkan strategi ini silakan bisa dikembangkan sediri dan disesuai dengan kebutuhan kelas teman-teman. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Untuk video proses pembelajaran bisa lihat di sini: https://www.youtube.com/watch?v=gOx9bmRmtXU
temanbelajarmoe Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment